ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP PENGUNJUNG KAFE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kafe Sama-sama, Bandar Jaya, Lampung Tengah)

Purnamasari, Risky Dwi (2018) ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP PENGUNJUNG KAFE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kafe Sama-sama, Bandar Jaya, Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of RIZKY DWI PURNAMASARI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan kebudayaan mempengaruhi sikap dan gaya hidup seseorang. Gaya hidup menggambarkan keseluruhan diri seseorang yang berinteraksi dengan lingkungannya. Salah satu gaya hidup yang trend dan diminati berbagai masyarakat adalah gaya hidup modern. Berubahnya gaya hidup tidak terjadi pada masyarakat di perkotaan saja, tetapi merambah pada masyarakat yang ada di Bandar Jaya. Pengaruh budaya nongkrong di Kafe yang ada di kotakota besar berdampak pada sebagian besar masyarakat. Budaya ikut-ikutan dalam menghabiskan waktu dan uang, bergaul, dan berkomunikasi secara tidak langsung membuat masyarakat menjadi manusia yang konsumtif. Dari latar belakang masalah tersebut, timbul permasalahan apakah gaya hidup seseorang mempengaruhi dalam keputusan pembelian pada menu yang ada di kafe. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh gaya hidup pengunjung kafe terhadap keputusan pembelian dan bagaimana gaya hidup pengunjung kafe dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh gaya hidup pengujung kafe terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui gaya hidup pengunjung kafe dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang pengunjung Kafe Sama-Sama dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan gaya hidup sebagai variabel bebas atau independen dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat atau dependen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh t hitung sebesar 9,115. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Besarnya koefisien determinasi R2 adalah 0,467. Hal ini berarti variabel gaya hidup memiliki pengaruh sebesar 46,7% terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup modern memang sangat mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan untuk berkonsumsi, karena image-image bagus akan timbul apabila kita mengikuti gaya hidup modern tersebut. Dalam menjalankan kewajiban manusia dalam berkonsumsi, Islam sangat menekankan kewajaran konsumsi dari segi jumlah yang sesuai kebutuhan bukan dengan tingkat keinginan. Hiburan yang berlebihan hingga kewajiban ibadah ditinggalkan merupakan hiburan yang dilarang dalam Islam. Seorang muslim harus memahami hukum-hukum dan aturan Islam yang mengatur kegiatan berkonsumsi. Sehingga barang yang dikonsumsi pun mendatangkan kemaslahatan dan kebahagiaan didunia dan diakhirat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:18
Last Modified: 15 Oct 2018 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item