PESAN DAKWAH USTADZ ADI HIDAYAT DAN PERSEPSI MAD’U DI MASJID AD-DU’A KELURAHAN WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG

Pertiwi, Putri (2018) PESAN DAKWAH USTADZ ADI HIDAYAT DAN PERSEPSI MAD’U DI MASJID AD-DU’A KELURAHAN WAY HALIM KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUTRI PERTIWI 1234.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pesan Dakwah Ustadz Adi Hidayat di Masjid Ad-Du’a Kelurahan Way Halim Kota Bandar Lampung merupakan kegiatan kajian Islam yang berlangsung rutin hampir setiap satu bulan sekali di Masjid Ad-Du’a. Dalam penelitian ini rumusan masalah berupa Pesan Dakwah Ustadz Adi Hidayat di Masjid Ad-Du’a Kelurahan Way Halim Kota Bandar Lampung dan Persepsi Mad’u Terhadap Pesan Dakwah Ustadz Adi Hidayat di Masjid Ad-Du’a Kelurahan Way Halim Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesan dakwah Ustadz Adi Hidayat dan bagaimana persepsi mad’u terhadap pesan dakwah Ustadz Adi Hidayat di Masjid Ad-Du’a. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara sebagai alat pengumpul data utama, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Dengan jumlah Populasi 80 orang yang berasal dari jamaah Majelis Ta’lim Ad-Du’a, kemudian menghasilkan Sample 8 orang dengan teknik Sampling Snowball. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan mengenai pesan dakwah Ustadz Adi Hidayat di Masjid Ad-Du’a yaitu berupa penentuan pesan dakwah yang menyesuaikan kebutuhan mad’u, metode dakwah dengan penyampaian yang detail dan memiliki ciri khas, dan pemilihan media dakwah sudah menyesuaikan perkembangan zaman. Hal-hal tersebut telah optimal dan berhasil sesuai dengan unsur atau komponen dakwah. Kemudian, persepsi mad’u yang menyatakan bahwa materi yang disampaikan berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist, memiliki ciri khas dalam menyampaikan dakwah, materi yang disampaikan mudah dimengerti dan dapat menjadi solusi, dan sesuai dengan metode dakwah surat an-Nahl ayat 125. Terbukti setelah persepsi tersebut dianalisis menunjukkan bahwa penyampaian pesan dakwah telah berhasil karena telah sampai kepada efek behavioral yaitu tahap dimana dakwah dikatakan berhasil jika telah mencapai tahap tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:38
Last Modified: 15 Oct 2018 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4664

Actions (login required)

View Item View Item