ANALISIS STRATEGI PROMOSI KOPI LUWAK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Study Pada CV Kopi Luwak Original Mr Zian Kabupaten Lampung Barat)

Andika, Yudi (2018) ANALISIS STRATEGI PROMOSI KOPI LUWAK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Study Pada CV Kopi Luwak Original Mr Zian Kabupaten Lampung Barat). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of YUDI ANDIKA.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan suatu perusahaan. Tujuan promosi ialah memberikan informasi, menarik perhatian, dan selanjutnya memberi pengaruh meningkatkan penjualan. Suatu kegiatan promosi jika dilaksanakan dengan baik dapat mempengaruhi konsumen mengenai dimana dan bagaimana konsumen membelanjakan pendapatannya. Strategi promosi kopi luwak diperlukan untuk melihat bagaimana promosi selama ini yang dilakukan oleh pengusaha kopi luwak khususnya Mr. Zian karena melihat potensi yang ada cukup banyak dan kopi luwak telah dijadikan ikon Lampung Barat dan harga jual yang relatif tinggi sementara pengusaha kopi luwak semakin berkurang, sehingga diperlukan adanya penelitian tentang strategi promosi yang dijalankan baik oleh pengusaha kopi luwak dan juga pemerintah daerah dalam meningkatkan penjualan produk menurut perspektif ekonomi Islam. penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah Periklanan yang digunakan adalah menggunakan media internet yang dilakukan di bukalapak, facebook, dan instagram. Penjualan langsung dilakukan berupa ucapan persuasif ketika calon pembeli datang langsung ke CV. Kopi luwak dan juga dilakukan oleh resseler yang ada disetiap daerah. promosi penjualan yang dilakukan adalah dengan memberikan sampel dan juga memberikan paket harga. Hubungan Masyarakat dan Publisitas adalah Pemerintah mengadakan pameran-pameran dan festival dalam rangka mengenalkan budaya-budaya dan ciri khas dari Lampung Barat terutama kopi luwak. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Mr. Zian selaku pemilik CV. Kopi Luwak Original telah sesuai dengan yang Rasulullah ajarkan sehingga para konsumen tidak perlu khawatir terhadap transaksi-transaksi yang dilakukan dengan CV. Kopi Luwak Original karena selain terjamin keasliannya kopi luwak milik Mr. Zian telah mempunyai berbagai kelengkapan usaha, yaitu surat izin usaha, sertifikat halal MUI dan juga sertifikat keaslian kopi luwak. Selain itu, Pelaksanaan pemasaran yang dilakukan oleh Mr. Zian juga telah sesuai dengan prinsip Islam. Kata Kunci : Strategi promosi, Pengusaha Kopi Luwak, Peningkatan Penjualan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:18
Last Modified: 15 Oct 2018 02:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4659

Actions (login required)

View Item View Item