EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REALITAS DALAM MENGURANGI PRILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA BUDAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018.

Zakaria, Angga (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REALITAS DALAM MENGURANGI PRILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA BUDAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ANGGA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Perilaku agresif adalah bentuk perilaku yang dapat menyakiti orang lain dengan tujuan untuk pemeliharaan hidup perilaku agresif itu sendiri berasal dari proses kognitif yang terganggu .dalam kehidupannya peserta didik yang mengalami berbagai permasalahan dalam hidup salah satunya adalah perilaku agresif, sehingga diharapkan permasalahan peserta didik tersebut bisa di bantu penyelesainya oleh guru agar dapat mengatasi masalah dengan lebih mudah dengan bimbingan seorang guru yang akhirnya masalah perilaku agresif ini tidak mengganggu perkembangan dan pertumbunhanya. Masalah pada penelitian ini adalah terdapat peserta didik yang memiliki perilaku agresif . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui menurunya perilaku agresif peserta didik dengan konseling kelompok dengan teknik realitas. Jenis peneltian adalah penelitian kuantitatif dengan metode menggunakan design one group pretes-postes. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah sebanyak 10 peserta didik dari kelas X SMA Budaya Bandar Lampung hasil dari skor tertinggi penyebaran angket perilaku agresif sebanyak 25 item. Angket yang digunakan sebagai prets dan psotes. Hasil rata-rata skor perilaku agresif sebelum mengikuti konseling kelompok dengan teknik realitas adalah 94.4 dan setelah mengikuti konseling kelompok dengan teknik realitas menurun menjadi 55.2. Dari hasil uji t dengan (df)=9 taraf signifikan 0.05 sebesar 2.262. Karena nilai thitung ≥t tabel (60.64 ≥ 2.262) , maka Ho di tolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa efektivitas konseling kelompok dengan teknik realitas dapat mengurangi perilaku agresif pada peserta didik SMA Budaya Bandar Lampung. Saran yang di ajukan peneliti yaitu kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat melaksanakan pelyanan bimbingan dan konseling dengan menyertakan layannan konseling kelompok dengn teknik realitas dalam mengurangi perilaku agresif peserta didik. Kata kunci: konseling kelompok dengan teknik realitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:51
Last Modified: 12 Oct 2018 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4655

Actions (login required)

View Item View Item