PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP KARTIKA (II) BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Dani, Erpan (2018) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP KARTIKA (II) BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ERPAN DANI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Layanan penguasaan konten sebagai suatu bimbingan dan konseling dan konseling yang mendorong individu untuk memahami dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan dalam kehidupan terutama dalam hal belajar. Motivasi belajar merupakan hal yang penting bagi peserta didik karena motivasi belajar sangat dibutuhkan dalam pembinaan perkembanga anak agar mendapatkan hasil yang maksimal. Adanya fenomen di SMP Kartika (II) Bandar Lampung menunjukan adanya motivasi belajar yang rendah pada peserta didik hal ini terlihat bahwa peserta didik tidak menunjukan ciri-ciri peserta didik mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Adapun ciri-ciri mempunyai motivasi belajar tinggi yaitu tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, lebih senang bekerja sendiri, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, percaya pada hal yang diyakini, senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal, adanya hastrat dan keinginan berhasil. Dalam penelitian ini yang dikaji yaitu apakah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten menggunakan media power point. Dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberi layanan penguasaan konten menggunakan media power point pada peserta didik kela VIII diSMP Kartika (II) Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah peerta didik kelas VIII SMP Kartika (II) Bandar Lampung yang berjumlah 212 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang peserta didik. Metode pengumpulan data menggunaka skal likert. Validasi instrument menggunakan rumus Product moment. Perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha. Dengan demikian instrumen dikatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hal ini terbukti dari hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan, maka diperoleh thitung -39.650, kemudian dibandingkan dengan ttabel 2.032 karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara skor motivasi belajar (pretest) sebelum pemberian layanan penguasaan konten menggunakan media power point dan (posttest) atau setelah pemberian layanan penguasaan konten menggunakan media power point kepada peserta didik kelas VIII SMP Kartika 2 (II) Bandar Lampung. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa layanan penggunaan konten menggunakan media power point berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditandai dengan peserta didik yang sudah mampu memahami dan kemudian mengerti serta lebih semangat dalam belajarnya. Kata Kunci : Layanan Penguasaan Konten, Media Power Point, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:47
Last Modified: 12 Oct 2018 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4648

Actions (login required)

View Item View Item