PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Apria, Dea Resti (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DEA RESTI APRIA fix.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan guru kurang inovatif dan bervariasi, tidak memanfaatkan media pembelajaran, pembelajaran yang masih cenderung teacher centered (berpusat pada guru) dan interaksinya hanya satu arah. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh hasil belajar IPA kelas IV MIN 10 Bandar Lampung menggunakan model pembelajaran word square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran word square berbantu media gambar terhadap hasil belajar IPA kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 10 Bandar Lampunng semester II tahun ajaran 2017/2018. Sampel terdiri dari kelas IV A yang berjumlah 29 dan kelas IV C yang berjumlah 28. Sampel diambil dengan menggunakan teknik clauster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dan dokumentasi. Setelah data test objektif dikumpulkan kemudian pengolahannya dilakukan dengan analisis stastistik dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model word square berbantu media gambar mencapai 80,68 sedangkan nilai rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran direct instruction berbantu media gambar mencapai rata-rata 75,28. Hasil dari perhitungan diperoleh thitung 2,786 dan ttabel 2,004 pada taraf signifikan 0,05 thitung > ttabel (2,786 > 2,004) dengan demikian dapat diketahui HO ditolak sedangkan H1 diterima. Dari perhitungan ini menunjukan ada pengaruh model pembelajaran word square berbantu media gambar terhadap hasil belajar IPA kelas IV MIN 10 Bandar Lampung Kata Kunci: Model pembelajaran Word Square, Media Gambar dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:52
Last Modified: 11 Oct 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4632

Actions (login required)

View Item View Item