PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MIN 7 BANDAR LAMPUNG

Sulistiawati, Tika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MIN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_tika.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di MIN 7 Bandar Lampung khususnya berbicara, rendahnya kemampuan berbicara siswa kelas III disebabkan oleh perasaan takut berpendapat, malu, ragu-ragu, penggunaan bahasa yang belum tepat dan lafalan kalimat yang masih kurang benar. Hal ini dibuktikan dengan kondisi awal nilai kemampuan berbicara siswa masih dibawah nilai KKM, dari 20 peserta didik belum ada satupun yang mencapai nilai KKM yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Penerapan model pembelajaran time token terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung. Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan berbicara peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung dari sebelum dan sesudah mereka mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Time Token. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung semester I tahun ajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik. Sampel diambil dengan menggunakan sampel random sampling teknik acak kelas dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata didalam populasi itu. Hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,2 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 68,2. Hasil analisa data untuk uji –t yang telah diuraikan bahwa hasilnya 17,268 dengan ttabel adalah 1,6860. Terbukti thit > ttabel atau dapat dituliskan 17,268 > 1,6860. Demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran time token terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung. Kata Kunci : Model pembelajaran Time Token, Kemampuan Berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:17
Last Modified: 23 Mar 2017 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item