KINERJA GURU DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Saidah, S (2018) KINERJA GURU DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SAIDA.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru merupakan kemampuan yang yang ditunjukan oleh guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskan apabila tujuan yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Guru merupakan salah datu komponen yang sangat penting dalam menggerakan suatu pendidikan seperti sekolah. Kinerja guru sebagai bahan acuan untuk melihat apakah guru sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Kinerja guru merupakan prestasi hasil atau kemampuan yang dicapai dalam pelaksanaan tugas serta tanggung jawab. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif yaitu analisa data yang menekankan pada makna, penalaran definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Adapun yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, kepala TU, dan siswa SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dengan menggunakan dan menggabungkan sumber yang telah ada. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja guru di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung mengenai perencanaan program kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, penggunaan media dan sumber pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, dan mengevaluasi/penilaian pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik. Faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang menghambat kinerja guru yaitu tercipta dari pendidik pribadi masing-masing yaitu pendidik kurang semangat dalam bekerja. Faktor yang paling menghambat dalam proses kinerja seorang pendidik dan pendidik lebih mementingkan urusan pribadinya di bandingkan urusan yang ada disekolah pada saat waktu kerja.Faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yaitu: pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, dorongan, penghargaan secara efektif dan penyediaan sumber belajar. Kata Kunci : Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2018 02:59
Last Modified: 10 Oct 2018 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4617

Actions (login required)

View Item View Item