PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA JAM SUDUT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SUNUR SUMATERA SELATAN

Putri, Ariska Destia (2017) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA JAM SUDUT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SUNUR SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Ariska_Destia_Putri.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajarana matematika dengan menerapkan alat peraga jam sudut kelas IV SD Negeri 2 Sunur dalam materi Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah agar diperoleh hasil belajar matematika yang meningkat Tempat penelitian adalah suatu tempat atau lokasi, dimana penelitian mengambil populasi dan sampel untuk mendapatkan data-data penelitian. Sebagai tempat penelitian ini yakni Siswa kelas IV SD Negeri 2 Sunur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan November 2016.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 sunur. Oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan alat peraga jam sudut. Maka dari itu apakah dengan menggunakan alat peraga jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar obsevasi dan, tes pada hasil belajar. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh alat peraga jam sudut dalam pembelajaran matematika. Peningkatan pada siklus I sampai siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakanalat peraga jam sudut. Pada Siklus I pertemuan I rata-rata hasil belajar sebesar 63,81, peserta didik yang mencapai ketuntasan 9 peserta didik dengan persentase 42,86%, Pada Siklus I pertemuan II rata-rata hasil belajar sebesar 67,14 dengan persentase ketuntasan 52,38%. Siklus II Pertemuan I rata-rata hasil belajar sebesar 72,86 dengan persentase ketuntasan sebesar 80,95%, Pada siklus II pertemuan II rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 78,57, peserta didik yang mencapai ketuntasan 19 peserta didik atau 90.48% .Hal tersebut dapat di simpulkan bahwa alat peraga jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Sunur. Kata kunci: Pemanfaatan alat Peraga jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:45
Last Modified: 24 Mar 2017 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item