ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER HENGKY KURNIAWAN TERHADAP BRAND IMAGE BANANA FOSTER DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Konsumen Banana Foster di Bandar Lampung)

Putri, Dwi Novita (2018) ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER HENGKY KURNIAWAN TERHADAP BRAND IMAGE BANANA FOSTER DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Konsumen Banana Foster di Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DWI NOVITA PUTRI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penduduk Indonesia yang beragam berdasarkan tingkat sosial akan mempengaruhi gaya hidup salah satunya adalah pola konsumsi pangan. Fenomena tersebut dapat dilihat dari kondisi persaingan saat ini yaitu pada industri kuliner atau makanan yang semakin meningkat dan berkembang pesat khususnya di kota-kota besar. Jenis kuliner yang sedang berkembang pesat di kota-kota besar tersebut berupa usaha kuliner oleh-oleh khas daerah dari berbagai artis terkenal. Meningkatnya sektor pariwisata Indonesia juga menjadi salah satu faktor yang mendukung tumbuhnya industri kuliner oleh-oleh saat ini. Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena keindahan alam dan budaya yang dimiliki oleh Provinsi Lampung. Hengky Kurniawan memilih Lampung sebagai tempat untuk membuka usaha kuliner oleh-oleh dengan merek Banana Foster Lampung. Banana foster Lampung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri kuliner oleh-oleh kekinian yang menggunakan celebrity endorser sebagai pendukung dalam kegiatan promosinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah celebrity endorser Hengky Kurniawan mempengaruhi brand image banana foster Lampung? Dan bagaimana etika promosi dalam ekonomi Islam tentang penggunaan celebrity endorser terhadap brand image banana foster Lampung? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser terhadap brand image banana foster ditinjau dari perpektif ekonomi Islam, atribut celebrity endorser yang meliputi trustworthiness, expertise, attractiveness, respect dan similarity dari endorser banana foster yang bernama Hengky Kurniawan (HK). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian diuji dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dilengkapi dengan uji F dan uji T. Hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial variabel trustworthiness, attractiveness, similarity berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan variabel expertise dan respect tidak berpengaruh secara signifikan. Namun, secara simultan di dapat nilai hitung 42,785 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 maka, secara bersamasama variabel trustworthiness, expertise, attractiveness, respect dan similarity berpengaruh dan signifikan terhadap brand image banana foster. Penggunaan celebrity endorser terhadap brand image banana foster Lampung sudah sesuai dengan etika promosi dalam Islam yaitu dengan tidak mengobral sumpah dalam berpromosi dan beriklan, jujur, menjaga agar selalu memenuhi akad dan janji serta menghindari promosi palsu dalam mencapai keberhasilan membangun brand image yang positif dibenak konsumen. Kata kunci : Analisis Regresi Linier Berganda, Brand Image, Celebrity Endorser, Banana Foster Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:02
Last Modified: 05 Oct 2018 02:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item