PENGARUH ADOPSI INOVASI DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA ONLINE SHOP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Bisnis Online Artemis Fashion di Kota Bandar Lampung)

Muspita, Ani Bresti (2018) PENGARUH ADOPSI INOVASI DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA ONLINE SHOP DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Bisnis Online Artemis Fashion di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ANI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya teknologi dikalangan masyarakat membuat peluang besar untuk membuka usaha online, karena dengan mudahnya mereka mengakses dan mengenalkan produknya melalui teknologi tersebut ke seluruh dunia. Maraknya pebisnis online dengan menggunakan berbagai media social mudah untuk di jangkau masyarakat calon pembeli maupun penjual, mengakibatkan semakin ketatnya persaingan, dan hal itu menuntut agar para pelaku usaha untuk dapat memenuhi kebutuhan para konsumen yang selalu berubah. Tuntutan tersebut pada akhirnya mengharuskan para pelaku usaha memiliki konsistensi untuk memuaskan konsumen dengan melakukan inovasi pada produk yang akan dipasarkan dan penetapan harga yang sesuai dengan kualitas produk. Dengan memberikan kualitas yang baik dan memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga konsumen akan terus melihat bisnis online yang dijalani untuk tercapainya keberhasilan usaha bisnis online. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh adopsi inovasi dan harga produk terhadap keberhasilan usaha? bagaimana pengaruh adopsi inovasi dan harga produk terhadap keberhasilan usaha dalam perspektif ekonomi islam tentang? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh adopsi inovasi dan harga produk terhadap keberhasilan usaha dan pengaruhnya dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi sebanyak 962 orang dan diambil sampel sebanyak 91 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu sampel dipilih dengan kriteria tertentu. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis menggunakan regresi linear berganda. Secara keseluruhan hasil analisis regreasi linear berganda dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa secara simultan (Uji F) nilai Fhitung > Ftabel diperoleh sebesar 9,622 > 3,10 dengan tingkat signifikansi 0,000. Maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti adopsi inovasi dan harga produk secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap keberhasilan usaha. Secara parsial bahwa nilai thitung > ttabel (2.107 > 1,987) pada variabel X1 dengan tingkat signifikan 0,038 dan thitung > ttabel (2.413 > 1,987) pada variabel X2 dengan tingkat signifikan dibawah 0,018 yang berarti adopsi inovasi dan harga produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Berdasarkan nilai Adjusted R² sebesar 0,161 berarti 16% yang menunjukkan bahwa faktor-faktor keberhasilan usaha dapat dijelaskan oleh adopsi inovasi dan harga. Sedangkan sisanya sebesar 83.9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukan didalam model. Dalam ekonomi islam berdagang adalah sebagai sarana amal ibadah, berdagang dengan tujuan mencari keuntungan yang halal dan memerintahkan umat manusia untuk bekerja keras

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:24
Last Modified: 02 Oct 2018 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item View Item