PENGARUH DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA BANDAR LAMPUNG

Putri, Dana Rizka Dwi (2018) PENGARUH DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Awal masa kanak-kanak merupakan masa yang ideal untuk mempelajari keterampilan tertentu. Terdapat tiga alasan. Pertama, anak sedang mengulangngulang dan karenanya dengan senang hati mau mengulang suatu aktivitas sampai mereka terampil melkukannya. Kedua, anak-anak bersifat pemberani sehingga tidak terhambat oleh rasa takut. Ketiga, anak belia mudah dan cepat belajar karena tubuh mereka masih sangat lentur dan keterampilan yang dimiliki aru sedikit sehingga keterampilan yang baru dikuasai tidak mengganggu keterampilan yang sudah ada. Awal masak kanak-kanak dapat dianggap sebagai “saat belajar” untuk belajar keterampilan. Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana pengaruh metode bermain peran dengan layanan imbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini di TK Dharma Wanita. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode bermain peran dengan layanan imbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini di TK Dharma Wanita. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai “pengaruh metode bermain peran dengan layanan imbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini di TK Dharma Wanita” Nilai rata-rata Ngain pada kelas eksperimen dan kontrol pada kategori sedang, namun pada kelas ekperimen mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yaitu 0,49 dengan Uji-t menggunakan Independent Sample t Test menghasilkan nilai | | | | 3.166 lebih besar dibanding dengan df = 48 sebesar ( > ) dan sig.(2-tailed) dimana dengan taraf kepercayaan 95% data signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima yang artinya layanan bimbingan kelompok dengan metode bermain peran dapat mempengaruhi keterampilan berbicara pada anak usia dini di TK Dharma Wanita Bandar Lampung. Kata Kunci :Bermain Peran dan Bimbingan Kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2018 01:14
Last Modified: 02 Oct 2018 01:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4532

Actions (login required)

View Item View Item