PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI AKHLAK TERCELA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MA AL-KHAIRIYAH WAYLAHU KECAMATAN KALIANDA LAMPUNG SELATAN

Nurul, Azizah (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI AKHLAK TERCELA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MA AL-KHAIRIYAH WAYLAHU KECAMATAN KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (75MB) | Preview

Abstract

Pengalaman belajar siswa dapat diperoleh tidak hanya dikelas, siswa dapat belajar dari lingkungan sekitar kapanpun dan dimanapun ia berada. Tetapi belajar dengan fokus materi tertentu biasanya didapatkan siswa dari buku belajar dengan fasilitas seorang pengajar/guru. Untuk membawa dua hal tersebut kapanpun dan dimanapun tidaklah mungkin, sehingga perlu dibuat sumber belajar yang dapat menggabungkan materi dan pengajaran komunikatif. Salah satu yang dianggap cocok dengan permasalahan diatas adalah dengan menggunakan modul. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, uji kelayakan dan uji kemenarikan bahan ajar modul dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi akhlak tercela pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan dan kemenarikan bahan ajar berupa modul dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi akhlak tercela mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA yang dapat digunakan untuk membantu siswa belajar secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah Research and Depelopment (R&D) dengan pengembangan Borg and Gall yang sudah di modifikasi oleh Sugiyono. Tahapan yang dilakukan pada pengembangan ini dibatasi hingga 7 tahap yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket validasi ahli yang akan di berikan kepada ahli materi, ahli teknologi pembelajaran dan ahli bahasa untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Serta angket respon yang diberikan kepada guru dan siswa untuk mengetahui kemenarikan modul yang dikembangkan. Berdasarkan penilaian yang diperoleh dari validasi ahli materi, ahli teknologi pembelajaran dan ahli bahasa dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan. Kemudian menurut penilaian yang diperoleh dari respon guru dan siswa dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan menarik. hal ini berarti modul yang dikembangkan oleh penulis dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi siswa dan guru MA kelas X. Kata Kunci : Pengembangan Modul dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 01 Oct 2018 02:30
Last Modified: 01 Oct 2018 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4523

Actions (login required)

View Item View Item