PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

Apriyani, Dwi (2018) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (72MB) | Preview

Abstract

Layanan informasi merupakan suatu media yang memiliki ruang lingkup layanan untuk pemahaman dan pencegahan kepada peserta didik serta dapat menentukan arah suatu tujuan, sehingga menjadi jelas dan tidak salah dalam mengambil keputusan. Ice breaking dapat digunakan sebagai media layanan bimbingan konseling akan berdampak postif terhadap individu yang mengalami masalah dalam proses pertumbuhan dilingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan media ice breaking dalam meningkatkan pemahaman terhadap keterampilan sosial pada peserta didik SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengkaji jurnal-jurnal dan bukubuku teks yang berkaitan dengan bidang yang diteliti. Langkah-langkah untuk mengetahui pemahaman keterampilan sosial peserta didik tersebut antara lain : (1) Observasi (2) Pengumpulan data (3) Analisis data menggunakan rumus Independent Sample T Test (t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution)versi 17. Hasil Analisis data menggunakan rumus Independent Sample T Test (ttest) dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution)versi 17 menunjukan bahwa adanya pengaruh layanan informasi menggunakan media ice breaking dalam meningkatkan pemahaman terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Peningkatan diperoleh data rata-rata kelas kontrol dan eksperimen. Data kelas kontrol menunjukkan rata-rata 106.9697 lebih kecil dibanding kelas eksperimen dengan rata-rata 130.6563 dengan perbedaan sebesar 23.68655 dan mengalami kenaikan kearah positif yang menunjukan bahwa layanan informasi menggunakan media ice breaking berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman terhadap keterampilan sosial peserta didik sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:32
Last Modified: 19 Sep 2018 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4450

Actions (login required)

View Item View Item