EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTRENAL-HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG

Nurjanah, Lia (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTRENAL-HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of PERSETUJUAN.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of PERSETUJUAN.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung adalah salah satu lembaga pendidikan islam yang memprioritaskan pembelajaran kitab kuning, dengan menggunakan metode bandongan dan hafalan selain itu dalam pembelajaran kitab kuning di Pon Pes Al-Hikmah ini juga menggunakan metode sorogan guna untuk meningktakan kemampuan membaca kitab kuning. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti tentang “ Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatka Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al- Hikmah Way Halim Bandar Lampung”. Untuk mencapai hasil yang baik perlu adanya metode pembelajaran kitab kunng yang efektif, karena metode merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam rangka pembelajaran kitab kuning. Karena tanpa adanya metode pembelajaran yang baik, maka tujuan untuk meningkatkan dalam membaca kitab kuning pun tidak akan berhasil. Oleh karena itu pembelajaran kitab kuning dipilih dengan cara yang terbaik. Metode adalah cara mengajar untuk mencapai tujuan. Penggunaan metode dapat memperlancar proses pendidikan, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif. Metode sorogan adalah salah satu metode tradisional dalam pembelajaran kitab kuning yang masih diterapkan sampai saat ini, terutama di Pondok Pesantren. Metode sorogan dipandang sebagai metode yang sangat efektif, karena penerapan metode sorogan ini didasari dengan tujuan pokok yaitu ketepatan dalam membaca, kepemahaman isi, dapat emngungkapkan isi bacaan. Kultur Pondok Pesantren dalam metode sorogan ini lebih mengutamakan adanya ikatan emosional yang kuat serta adanya pemantauan yang intensif antara guru dan santri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dalam pembahasan skripsi ini dapat diketahui bahwa metode sorogan merupakan salah satu factor yang memegang peranan penting dalam rangka keberhasilan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Al- Hikmah sangat efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Sep 2018 07:16
Last Modified: 14 Sep 2018 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4427

Actions (login required)

View Item View Item