PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS NURUL ISLAM WAYHUWI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

AMELIA, CICI RISKI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS NURUL ISLAM WAYHUWI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI CICI RISKI AMELIA.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu keaktifan yang rendah dalam pembelajaran Fiqih, minimnya motivasi belajar siswa, metode yang tidak bervariasi dan nilai hasil belajar yang kurang maksimal di MTs Nurul Islam Wayhuwi Lampung Selatan, namun dalam penelitian ini penulis hanya membatasinya pada satu aspek saja yaitu nilai hasil belajar mata pelajaran Fiqih yang tidak memenuhi standar KKM disekolah tersebut oleh sebab itu, penulis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Riview Horay guna menguji apakah model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah yang penulis teliti. Model pembelajaran kooperatif tipe Course Riview Horay merupakan bagian dari model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Sedangkan tujuan penelitian yang hendak dicapai dari penggunaan model pembelajaran ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Nurul Islam Wayhuwi Kabupaten Lampung Selatan dalam mata pelajaran fiqih melalui Penerapan Model Pembelajara Course Review Horay. Adapun rumusan masalah penelitian yang penulis rumuskan adalah “Apakah Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam Mata Pelajaran Fiqih kelas VIII di Mts Nurul Islam Wayhuwi Kabupaten Lampung Selatan?” Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapannya yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Selain itu, penelitian ini pun menggunakan beberapa metode penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Oleh karena itu, data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran kondisi kelas. Selain itu, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan setelah proses tindakan persiklus. Temuan penelitian ini bahwa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Riview Horay dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Nurul Islam Wayhuwi Lampung Selatan. Hasil belajar yang diperoleh adalah kenaikan hasil belajar peserta didik sesuai dengan KKM yaitu 70. Peserta didik yag mendapat nilai diatas 70 sebelum penelitian sebanyak 7 peserta didik (35%), siklus I sebanyak 12 peserta didik (60%), dan siklus II sebanyak 18 peserta didik (90%). Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Riview Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Nurul Islam Wayhuwi Kabupaten Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:30
Last Modified: 13 Sep 2018 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item