PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 SUKARAME DUA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Saraswati, Tiara Putri (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 SUKARAME DUA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI TIARA PUTRI SARASWATI.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran adalah strategi yang digunakan dalam dunia pendidikan dengan menerapkan pada mata pelajaran tertentu. Kelebihannya adalah dapat mengembangkan proses belajar dikelas agar lebih dapat dimengerti oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA dan melihat aktivitas peserta didik selama proses belajar berlangsung. Penelitian ini menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Eksplaining pada materi Gaya dan Gerak, dengan melibatkan peserta didik sebagai fasilitator untuk peserta didik lainnya. Penelitian ini juga dilaksanakan di SDN 1 Sukarame Dua Bandar Lampung. Jenis metode penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi melalui empat tahan dalam satu siklus yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Jumlah peserta didik yang penulis teliti yaitu terdapat 37orang peserta didik dalam satu kelas. Analisis data yang digunakan oleh penulis yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan tiga Siklus dengan dua kali pertemuan dalam satu siklusnya. Berdasarkan penelitian tersebut penulis dapat memperoleh hasil data yaitu, pada Siklus I hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 58 dengan ketuntasan klasikal 29,72 % dengan kriteria kurang tercapai. Pada Siklus II meningkat hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 68 dengan ketuntasan klasikal 56,75 % dengan kriteria kurang tercapai. Pada Siklus III meningkat hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 79 dengan ketuntasan klasikal 83,78 % dengan kriteria tercapai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV A SDN 1 Sukarame Dua dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:12
Last Modified: 12 Sep 2018 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4391

Actions (login required)

View Item View Item