EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

SARI, ANGGUN RATNA (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab belajar adalah suatu proses dimana seseorang berinteraksi langsung menggunakan semua alat inderanya terhadap objek belajar dan lingkungan melalui pendidikan di sekolah yang menghasilkan perubahan tingkah laku seperti pengetahuan, cara berpikir, ketrampilan, sikap, nilai dan kesediaan menanggung segala akibat dari kegiatan belajar dengan penuh kesadaran, kerelaan, rasa memiliki, dan disiplin yang bertujuan untuk menguasai materi ilmu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Bimbingan Belajar Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Efektiv Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 11 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Desain eksperimen quasi yang digunakan adalah Paired Simple T Test yaitu jenis desain yang biasanya dipakai pada eksperimen yang menggunakan kelas-kelas yang sudah ada. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 11 Bandar Lampung yang memiliki kategori tanggung jawab belajar tinggi sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan tanggungj awab belajar Bimbingan Belajar Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Hal ini terbukti dari hasil pre-test dan post-test dilakukan, hasil perhitungan rata-rata skor tangguung jawab belajar sebelum mengikuti Bimbingan Belajar menggunakan konselin kelompok adalah mean pre-test 39,92 dan setelah mengikuti Bimbingan Belajar menggunakan konselin kelompok adalah mean pre-test 60,53. Dari hasil uji t menggunakan program SPSS versi 16, tthitung lebih besar dari ttabel (8.354>1.734). dengan demikian tanggung jawab belajar peserta didik SMPN 11 Bandar Lampung mengalami perubahan setelah diberikan layanan konseling kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:28
Last Modified: 12 Sep 2018 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4384

Actions (login required)

View Item View Item