PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MIN 6 LAMPUNG SELATAN KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Watie, Lussyana (2017) PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MIN 6 LAMPUNG SELATAN KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LUSSY_LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Mutu pembelajaran merupakan suatu kemampuan sumberdaya sekolah dalam mentransformasikan berbagai jenis masukan dan situasi untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Guru Aqidah Akhlak pada MIN 6 Lampung Selatan Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan memiliki peranan kompetensi pedagogik sebagai seorang guru, namun kompetensi yang dimiliki belum berdampak positif terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak, kondisi inilah yang memotivasi penulis untuk merumuskan masalah "Bagaimana peranan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak di MIN 6 Lampung Selatan Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan”?. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa kualitatif deskriptif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian yaitu peranan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru Aqidah Akhlak di MIN 6 Lampung Selatan Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak yaitu memiliki kemampuan memahami peserta didik, mampu merancang pembelajaran di kelas, mampu menggunakan metode mengajar, mampu melaksanakan pembelajaran interaktif, mampu mengevaluasi hasil belajar dan mampu memberikan penilaian. Kemampuan peranan pedagogik yang dimiliki oleh guru Aqidah Akhlak belum berperan secara maksimal dalam meningkatkan hasil pbelajar Aqidah Akhlak di MIN 6 Lampung Selatan kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan dikarenakan kurangnya bimbingan dan perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar di rumah. Kata Kunci : Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:35
Last Modified: 21 Mar 2017 01:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item