KORELASI ANTARA SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) DI SMK NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

RANI, RAHMA NUR (2018) KORELASI ANTARA SIKAP BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) DI SMK NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (77MB) | Preview

Abstract

Sikap belajar adalah kecenderungan prilaku seseorang ketika mempelajari halhal yang bersifat akademik. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor intern yang berasal dari dalam diri maupun faktor ekstern yang berasal dari luar diri siswa. Salah satu faktor intern tersebut adalah sikap siswa itu sendiri dalam proses pembelajaran di kelas. Siswa yang memiliki sikap belajar positif dalam proses pembelajaran akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari siswa yang memiliki sikap belajar negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara sikap belajar dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi (korelasional) dan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR di SMK Negeri 5 Bandar Lampung yang berjumlah 117 peserta didik, sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling (area sampling) merupakan teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel bila objek yang diteliti atau sumber data sangat luas yaitu 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi , wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi/hipotesis. Berdasarkan analisis data maka dapat ditarik keseimpulan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara sikap belajar dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Hasil ini berdasarkan nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0.763 jauh lebih besar dari rtabel. baik pada taraf signifikan 5% adalah 0.263 maupun pada taraf signifikan 1% = 0.335. Dengan kata lain semakin baik sikap belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Bandar Lampung, sebaliknya semakin tidak baik sikap belajar maka semakin rendah pula hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 5 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Sep 2018 03:48
Last Modified: 05 Sep 2018 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4371

Actions (login required)

View Item View Item