NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERISTIWA PERANG BADAR

Abidin, Jaenal (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERISTIWA PERANG BADAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ZARNAL ABIDIN.pdf]
Preview
PDF
Download (18MB) | Preview

Abstract

Perang Badar adalah pertempuran besar pertama antar aumat Islam melawan musuh-musuhnya. Perang initerjadipada 17 Maret 624 Masehiatau 17 Ramadan 2 Hijriah.Pasukankecilkaum Muslim yang berjumlah 313 orang bertempurmenghadapipasukanQuraisydariMekkah yang berjumlah1.000 orang. Dengankegigihan yang kuatpasukan Muslim berhasil menghancurkan barisan pertahanan pasukan Quraisy, yang kemudian mundur dalam kekacauan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah nilai-nilai pendidikan Islam dalam pristiwa perang Badar dan Bagaimanakah relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pristiwa perang Badar dalam kehidupan sekarang. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui nilai nilaiapasajakah yang terkandung dalam perang Badar serta bagaimana relevansinya dengan pendidikan ini.Adapun jenis penelitian iniadalahpenelitianlibrary Reseachataupenelitiankepustakaan.Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifanalisis, selanjutnya data yang diperolehkemudiandianlisisdenganmenggunakananalisisisi (content anaylisis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam pristiwa perang Badar adalah 1) Nilai Pendidikan Aqidah/keimanan meliputi Iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat, ImankepadaNabi, Imankepadahariakhir, ImankepadaQadadanQadar. 2) NilaiPendidikanIbadahmeliputiShalatdanDo’a.3) NilaiPendidikanAkhlakmeliputitanggungjawab, adil, musyawarah, tawakal, rendahhati, persamaanderajat, berani, memahami orang lain, berlakubaik, tolongmenolong, pemaaf, ketegasan, peduli social.Sementararelevansinilainilaipendidikan Islam tersebutdenganpraktikPendidikansaatini yang serbaglobalisasi.Palingtidakdenganadanyapembahasannilai-nilaipendidikan Islam dalampristiwaperangBadarinidapatdijadikantolakukurdandapatdiaktualisasikan dalamduniapendidikan Islam secarakongkritdandalamkehidupannyataseharihari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2018 07:34
Last Modified: 04 Sep 2018 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4365

Actions (login required)

View Item View Item