PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK

PRAMUDITA, RATNA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII DITINJAU DARI KECERDASAN MAJEMUK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RATNA.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII ditinjau dari kecerdasan majemuk. Jenis penelitian ini yaitu quasy eksperiment dengan desain faktorial . Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMPN 11 Bandar Lampung, dengan teknik simple random sampling terpilih kelas VII C sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen. Data hasil angket dan hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji analisa varians dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan analisis data ditemukan hasil-hasil sebagai berikut. Pertama, pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif. Kedua, terdapat perbedaan antara peserta didik yang memiliki kecerdasan logis-matematis dengan kecerdasan interpersonal dan naturalis terhadap hasil belajar kognitif, namun peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal dengan naturalis tidak memiliki perbedaan hasil belajar kognitif. ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan majemuk peserta didik terhadap hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:27
Last Modified: 04 Sep 2018 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item View Item