PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X DI MA MATHLA’UL ANWAR GISTING

Wulandari, Wiwin (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X DI MA MATHLA’UL ANWAR GISTING. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
PDF
Download (105MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu masalah tentang rendahnya keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik yang diketahui melalui nilai peserta didik disebabkan oleh proses pembelajaran di kelas masih berpusat pada pendidik dan didominasi dengan ceramah, sehingga lebih banyak terjadinya komunikasi satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasis guided inquiry pada materi pencemaran lingkungan terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas X di MA MATHLA’UL ANWAR GISTING. Inti pembelajaran guided inquiry berbasis modul yaitu aktivitas belajar peserta didik untuk memahami proses dan keterampilan berfikir dengan menemukan terobosan- terobosan baru layaknya seorang ilmuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan desain posttest-only control design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA MATHLA’UL ANWAR GISTING. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil uji hipotesis yang dipakai pada penelitian ini adalah uji t, dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa nilai sig (2-tailed) pada keterampilan proses sains memiliki nilai 0,00 < α 0,05, sedangkan nilai sig (2-tailed) pada sikap ilmiah yaitu 0,00 < α 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis guided inquiri terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X MA Mathla’ul Anwar Gisting. (2) Terdapat pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis guided inquiri terhadap sikap ilmiah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X MA Mathla’ul Anwar Gisting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:50
Last Modified: 04 Sep 2018 01:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item