ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Komparatif Pada Konsumen Indomaret dan Swalayan Surya Jalur 2 Korpri)

AGUNG, ARIF FERDIAN (2018) ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Komparatif Pada Konsumen Indomaret dan Swalayan Surya Jalur 2 Korpri). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI AGUNG.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama dalam dunia bisnis karena tingkat persaingan yang sangat ketat diantara minimarket yang ada di Bandar Lampung. Hal utama agar minimarket dapat bertahan, bersaing dan menguasai pangsa pasar adalah dengan cara memberikan tingkat harga yang relatif murah dibanding pesaing dan meningkatkan serta memperbaiki tingkat pelayanan. Minimarket harus memperhatikan hal tersebut agar konsumen mendapatkan kepuasan dan tidak beralih kepada minimarket lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Surya? Bagaimana pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Indomaret? Apakah terdapat perbedaan harga dan kualitas pelayanan pada Surya dan Indomaret terhadap kepuasan konsumen? Bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap harga dan kualitas pelayanan pada Surya dan Indomaret? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Surya. Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Indomaret. Untuk mengetahui dan menganalisa perbedaan harga dan kualitas pelayanan di Swalayan Surya dan Indomaret terhadap kepuasan konsumen. Untuk mengetahui dan menganalisa Pandangan Ekonomi Islam terhadap harga dan kualitas pelayanan di Indomaret dan Swalayan Surya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan Metode pendekatan kuantitatif, dan bersifat Komparatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 750 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Besarnya sampel perhari sebanyak 25 konsumen. Metode analisis data menggunakan Uji Beda dengan pengujian Paired sampel t-test, dengan menggunakan bantuan software SPSS 17 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa harga (x1) pada Surya tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Surya, dan kualitas pelayanan (x2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Surya. Dan untuk Indomaret dapat disimpulkan bahwa harga (x1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Indomaret, dan kualitas pelayanan (x2) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Indomaret. Hasil uji beda diperoleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan harga dan kualitas pelayanan yang signifikan antara Swalayan Surya dan Indomaret terhadap kepuasan konsumen. Dalam pandangan Islam, harga yang ditetapkan oleh Surya sudah sesuai dengan konsep ekonomi Islam, yaitu berdasarkan prinsip keadilan. Suka sama suka dari kedua belah pihak dan tidak ada yang dirugikan/tidak ada paksaan. Sedangkan untuk Swalayan Indomaret dalam menetapkan harga belum sesuai dengan konsep ekonomi Islam. Dan untuk kualitas pelayanan, Islam memandang bahwa Minimarket Surya dan Indomaret dimana dalam menjalankan usahanya sudah memberikan pelayananyang baik dan sesuai dengan prinsipprinsip Ekonomi Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Aug 2018 06:30
Last Modified: 30 Aug 2018 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item View Item