PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK AQUA DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) AQUA Di Kota Bandar Lampung)

FORTUNA, INTI BINTANG (2018) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK AQUA DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) AQUA Di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKIRPSI INTI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Industri merupakan sektor ekonomi yang berkembang pesat di dunia termasuk Indonesia. Salah satu contohnya adalah industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Hal ini lah yang menimbulkan tingkat persaingan yang tinggi antar sesama industri AMDK. Selain tingginya tingkat persaingan antar perusahaan dalam industri AMDK, bermunculannya juga depot air minum isi ulang tentunya menjadi masalah tersendiri bagi perusahaan, karena akan menjadi ancaman besar bagi pasar AMDK. Dengan beragamnya produk AMDK yang memadati Kota Bandar Lampung maka semakin beragam pilihan produk AMDK yang diminati oleh masyarakat yang akan mempengaruhi keputusan pembelian di masyarakat baik itu harganya maupun kualitas produknya. Posisi AQUA sebagai merek yang terkenal dikalangan masyarakat sejak jaman dahulu tidak membuat AQUA menjadi satu satunya produk pilihan masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di Kota Bandar Lampung, keberadaannya tersaingi oleh produk-produk lokal yang ada seperti: grand, tripanca, great, bw, ceria, dan produk AMDK lainnya. Islam menganjurkan dalam melakukan suatu keputusan untuk melakukan pembelian, maka seseorang itu harus dapat mengasumsikan fungsi daya guna barang yang akan dibelinya bukan hanya karena menurut keinginan dan hawa nafsunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian AMDK merek AQUA baik secara parsial maupun simultan dalam perspektif ekonomi islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedua faktor yaitu kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian secara kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Variabel penelitian terdiri dari variabel dependent yaitu keputusan pembelian (Y) dan variabel independent yaitu kualitas produk (X1) dan Harga (X2). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan kepustakaan, data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Secara keseluruhan hasil analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa secara simultan Kualitas Produk dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sedangkan secara parsial Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk erat kaitannya dengan keputusan pembelian, dimana kualitas produk menjadi salah satu aspek pertimbangan konsumen dalam memutuskan pemebelian seharus AQUA dapat meningkatkan kualitas produk dari event-event yang diadakan oleh AQUA sehingga banyak konsumen yang melihat sebagai kepedulian yang positif dan meningkatkan perhatian konsumen khususnya di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:24
Last Modified: 30 Aug 2018 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4331

Actions (login required)

View Item View Item