ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN HAJI DAN UMROH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAN SYARIAH (Studi Pada BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung)

Alpiansyah, Apri (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN HAJI DAN UMROH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAN SYARIAH (Studi Pada BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, BMT sekarang menjadi lembaga keuangan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan berkembangannya BMT saat ini maka BMT satu dengan yang lain membuat produk yang unggul dan yang penting sangat di butuhkan oleh masyarakat, melihat Fenomena daftar tunggu (waiting list) haji di Indonesia yang terjadi pada saat ini yang mencapai 14 tahun bahkan lebih, banyak menyadarkan umat muslim yang kemudian merencanakan ibadah haji sejak dini yaitu dengan cara membuka simpanan tabungan haji dan umroh. BMT menentukan strategi yang sesuai dari sudut pandang posisi industri dan tujuan, peluang keahlian, serta sumber daya yang ada. Dewasa ini sering kita jumpai cara pemasaran yang tidak etis, curang dan tidak professional. Banyaknya masyarakat yang tertipu oleh biro perjalanan haji dan umroh melmiliki dampak kekawatiran masyarakat untuk menggunakan biro perjalan haji dan umroh, seharusnya pihak lembaga keuangan dapat mengambil peluang ini untuk menarik minat masyarakat meggunakan sistem tabungan haji dan umroh yang ada di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana strategi pemasaran produk simpanan Haji dan Umroh yang di terapkan KSPPS BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung dan Bagaimana pengaruh strategi terhadap perkembangan produk simpanan Haji dan Umroh yang di terapkan KSPPS BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung. Tujuan dari penelitian ini yaitu unruk mengetahui Bagaimana strategi pemasaran produk simpanan Haji dan Umroh yang di terapkan KSPPS BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung dan Bagaimana pengaruh strategi terhadap perkembangan produk simpanan Haji dan Umroh yang di terapkan KSPPS BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung. Penelitian ini termasauk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifaf deskripif dengan menggunakan data primer dan sekunder, selaian itu metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisis ini menggunakan metode analilis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian analisis strategi pemasaran produk simpanan haji dan umroh pada koperasi simpan pinjam dan pembiayann syariah yang dilakukan di BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro menggunakan Bauran Pemasaran yang terdiri atas 7P yaitu: Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), people (orang), proses dan physical avindance (Bukiti Fisik). Strategi pemasaran pada BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung dengan menerapkan Bauran Pemasaran mengunakan 7P berpengaruh terhadap perkembangan produk simpanan haji dan umroh kerana dari satu kesatuan strategi 7P tersebut memliki kesinambungan dalam meningkatkan perkembangan produk simpanan haji dan umroh. Dan strategi yang lebih berpengaruh signifikan terhadap perkembangan produk haji dan umroh adalah stretgi produk (product), harga (price), bukti fisik (physical evindance).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Aug 2018 02:35
Last Modified: 30 Aug 2018 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item