PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI MASYARIKUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Putri, Tira Fitriana (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI MASYARIKUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI TIRA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar peserta didik kelas V MI Masyarikul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Dengan demikian hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut: Terdapat pengaruh metode cooperative script terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Masyarikul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 16 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 17 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mendapat data-data berupa keadaan di kelas saat berlangsungnya kegiatan belajar IPA sebelum dilakukan penelitian. Tes dilakukan untuk menilai dan mengukur hasil belajar IPA peserta didik. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data berupa nama dan hasil belajar peserta didik. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mengetahui adanya pengaruh dari metode cooperative script yang digunakan. Berdasarkan data yang telah dianalisis, menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VA yang diajarkan dengan menggunakan metode index cards matchs adalah 63,43 sedangkan nilai rata-rata pada kelas VB yang diajarkan menggunakan metode cooperative script adalah 76,17. Maka didapat thitung = 4,164 sedangkan ttabel = 2,040, dengan demikian diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4,164 > 2,040 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar IPA di kelas V MI Masyarikul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Aug 2018 07:59
Last Modified: 27 Aug 2018 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4317

Actions (login required)

View Item View Item