PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Kinanti, Kun Asrie Swara (2018) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar Ilmu Pengetahuan Alam khususnya biologi, belajar seharusnya lebih dari sekedar menerima informasi, mengingat dan menghafal. Bagi peserta didik untuk benar-benar mengerti dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan, harus bekerja untuk memecahkan masalah dan menemukan ide-ide. Tugas guru tidak hanya menuangkan sejumlah informasi pada peserta didik, tetapi mengusahakan bagaimana konsep-konsep penting dan sangat berguna tertanam kuat dalam pikiran peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah peserta didik materi sistem reproduksi kelas XI SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 37 peserta didik . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan acak kelas berjumlah 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada hasil belajar kognitif adalah soal tes dan pada sikap ilmiah adalah angket peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen adalah 47, sedangkan rata-rata postest nya adalah 75. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 46 dan nilai postest dengan rata-rata 66. Hasil uji t N-gain menunjukkan thitung > ttabel ( 3,683 > 1,993) dan sikap ilmiah siswa memiliki rata-rata skor 70 untuk kelas eksperimen dan skor 64 untuk kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa pada materi sistem reproduksi SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Aug 2018 01:09
Last Modified: 27 Aug 2018 01:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4300

Actions (login required)

View Item View Item