PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS GAYA BELAJAR VISUAL SEBAGAI ART THERAPY UNTUK PESERTA DIDIK PENYANDANG AUTISME

Rohmah, Leli Maratur (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS GAYA BELAJAR VISUAL SEBAGAI ART THERAPY UNTUK PESERTA DIDIK PENYANDANG AUTISME. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LELI MARATUR ROHMAH.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika merupakan bahan ajar yang dikembangkan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. LKPD berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik sebagai bentuk latihan yang bertujuan agar peserta didik dapat memahami materi yang diajarkan. LKPD matematika berbasis gaya belajar visual sebagai art therapy yang telah dikembangkan berisi materi operasi dasar yang dapat membantu kemampuan peserta didik dalam dalam proses pembelajaran serta melalui art therapy dapat mengurangi gejala autisme yang dimiliki peserta didik Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi/ Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang dengan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket untuk respon peserta didik. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat diketahui bahwa setelah dilakukan analisis maka sangat perlu dikembangkan suatu produk LKPD Matematika berbasis visual sebagai art therapy untuk peserta didik penyandang autisme. Produk dirancang dengan memperhatikan bagian awal, isi, dan penutup. Selanjutnya LKPD dikembangkan dengan divalidasi, dan direvisi untuk mengetahui kelayakan produk. Berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media diperoleh skor penilaian yang cukup tinggi dengan kategori “Sangat Layak”. Setelah dikembangkan, LKPD diimplementasikan atau diujicobakan untuk mengetahui respon peserta didik di tiga sekolah yaitu SLBIT Baitul Jannah, SLB Mazaya, dan SLB Insan Prima Bestari. Berdasarkan uji coba tersebut diperoleh respon yang sangat bagus dengan kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:13
Last Modified: 16 Aug 2018 06:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item