PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 28 BANDAR LAMPUNG

Hartuti, Mera (2018) PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 28 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah percaya diri rendah. Permasalahannya adalah apakah percaya diri rendah dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan percaya diri peserta didik dengan menggunakan prosedur-prosedur dalam layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subyek penelitian ini berjumlah delapan peserta didik kelas VIII Di SMPN 28 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016yang memiliki percaya diri rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Dalam Layanan Konseling Kelompok Guru BK menggunakan 7 teknik dalam Layanan Konseling Kelompok yaitu: Memperkenalkan diri, Menjelaskan aturan main dalam konseling kelompok, Menyuruh setiap anggota kelompok mengemukakan persoalan tang saat ini dihadapi, Membahas satu permasalahan yang dianggap paling mendesak untuk dipecahkan, Mempersilahkan setiap anggota kelompok untuk menanggapi persoalan yang dibahas, Setelah menemukan solusi terhadap persoalan, konselor menanyakan kesanggupan anggota kelompok untuk melaksanakan kesepakatan bersama. Menutup pertemuan dengan do,a. Kesimpulannya adalah teknik layanan konseling kelompok bisa diterapkan di sekolah oleh guru BK SMPN 28 Bandar Lampung, karna teknik-teknik tersebut sudah terbukti dan sudah tidak asing lagi di sekolah terutama tentang Bimbingan dan Konseling Di SMPN 28 Bandar Lampung, dan pada saat dipraktekkan sesuai dengan prosedur-prosedur serta sesuai dengan teknik-teknik yang ada, sudah bisa dikatakan berhasil dan layanan konseling kelompokpun sudah terbukti bisa mengatasi permasalahan peserta didik dalam mengatasi masalah yang peserta didik rasakan dan peserta didik alami, serta bisa meningkatkan percaya diri peserta didik melalui layanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:50
Last Modified: 01 Aug 2018 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item