PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 10 BANDAR LAMPUNG DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

YUNI, RENI DHARMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 10 BANDAR LAMPUNG DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (75MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen. Dimana penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik karena proses pembelajaran yang belum mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas XI IPA yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio dengan kelas yang menggunakan model Problem Based Leraning (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki adversity quotient tinggi, sedang dan rendah (3) Apakah terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio dengan adversity quotient peserta didik terhadap kemampuan brpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain faktorial 2x3. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas XI IPA 8 merupakan kelas kontrol dan kelas XI IPA 5 merupakan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil analisis diperoleh Fa = 6,716 > Ftabel = 4,004 sehingga H0A ditolak, Fb = 77,970 > Ftabel = 3,153 sehingga H0B ditolak, Fab = 4,819 > Ftabel = 3,153 sehingga H0AB ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio dengan kelas yang menggunakan model Problem Based learning,(2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio pada peserta didik yang memiliki Adversity Quoient tinggi, sedang rendah, (3) Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio dengan Adversity quotient terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 01 Aug 2018 06:37
Last Modified: 01 Aug 2018 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4220

Actions (login required)

View Item View Item