PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs BAHRUL ULUM REBANG TANGKAS WAY KANAN TAHUN 2017/2018

Azwa, Aina Natasya (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs BAHRUL ULUM REBANG TANGKAS WAY KANAN TAHUN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI AINA NATASYA.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dikelas VII MTs Bahrul Ulum Way Kanan, menunjukan bahwa terdapat peserta didik yang tidak mencapai nilai KKM. Hal ini disebabkan oleh kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam memahami soal yang masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik kelas VII MTs Bahrul Ulum Way Kanan Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimentan Design. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di MTs Bahrul Ulum dengan jumlah populasi 90 Peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dilanjutkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t sampel tak berkorelasi didapat Fhitung = 5,585 > Ftabel = 2,002 maka H0 ditolak dengan kata lain H1 diterima. Jika H0 ditolak berarti ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis Peserta didik, sedangkan jika H0 diterima berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran itu terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Berdasarkan analisis dan pembahasan di atas disimpulkan bahwa metode pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis lebih baik dibanding model pembelajaran Konvensional peserta didik kelas VII MTs Bahrul Ulum Way kanan Lampung. Kata Kunci : Quantum, Quantum Learning, Kemampuan Pemecahan masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:20
Last Modified: 31 Jul 2018 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4216

Actions (login required)

View Item View Item