PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN Al-QUR’AN HADITS DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG TA. 2017/2018

Hilaliyah, Imroatun (2018) PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN Al-QUR’AN HADITS DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG TA. 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI IMROATUN HILALIYAH.pdf]
Preview
PDF
Download (72MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbicara tentang peningkatan hasil belajar melalui strategi pembelajaran guided note taking sehingga dapat memberikan kontribusi untuk memperkaya ilmu pengetahuan, khususnya tentang penerapan strategi guided note taking pada mata pelajaran al-qur’an hadits. Untuk itu diperlukan berbagai strategi pembelajaran yang cocok salah satunya adalah strategi pembelajaran guided note taking. Adapun rumusan masalah yaitu “Apakah strategi guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MIN 4 Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MIN 4 bandar lampung. Berdasarkan statement diatas maka penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alat pengumpul data, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. selanjutnya subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN 4 Bandar Lampung yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hal tersebut temuan penelitian yang dihasilkan adalah sebagai berikut. Pada siklus I dari 26 peserta didik, terdapat peserta didik yang tuntas yaitu 19 peserta didik (73%) dan belum tuntas 7 peserta didik (23%). Pada siklus II mengalami peningkatan dari 19 peserta didik yang tuntas menjadi 23 peserta didik (88%) dan belum tuntas 3 peserta didik (12%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MIN 4 Bandar Lampung melalui penerapan strategi pembelajaran guided note taking. Kata kunci: Strategi Guided Note Taking, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:26
Last Modified: 30 Jul 2018 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4208

Actions (login required)

View Item View Item