PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK SMA

Azizah, Nurul (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NURUL AZIZAH.pdf]
Preview
PDF
Download (17MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep adalah kemampuan peserta didik yang berupa penguasaan sejumlah materi pelajaran, dimana peserta didik tidak sekedar mengetahui atau mengingat sejumlah konsep yang dipelajari. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik SMA Negeri 15 Bandar Lampung masing rendah, hal ini disebabkan oleh kurangnya waktu dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran e-learning berbasis edmodo untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design dengan metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest, non-equivalent control group design. Analisis data dengan menggunakan uji t sample-tidak berkolerasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 15 Bandar Lampung dan sampel merupakan peserta didik X MIA 1 dan X MIA 3. X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Perhitungan data dianalisis menggunakan statistika inferensial dengan bantuan microsoft office excel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran e-learning berbasis edmodo memiliki peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang tinggi dengan rata-rata interpretasi n-gain yaitu 0.726 sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata interpretasi n-gain sedang yaitu 0.541. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran e-learning berbasis edmodo terdapat pengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:12
Last Modified: 02 Aug 2018 01:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item View Item