UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN BALOK DI RAUDHATUL ATHFAL HARAPAN BUNDA BANDAR LAMPUNG

Listiyani, Eka Puji (2017) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN BALOK DI RAUDHATUL ATHFAL HARAPAN BUNDA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER_ii_NW.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bermain pada prinsipnya merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam periode perkembangan diri anak, intinya bermain erat kaitannya dengan perkembangan anak. Pembelajaran dengan bermain diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan anak daya kreativitas dan berbagai aspek perkembangan anak, terutama perkembangan kecerdasan berhitung anak. Oleh karena itu penyelenggaraan pendidikan anak prasekolah telah diatur dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) dengan menemukan cara pandang baru tentang pendidikan anak yaitu konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2003. Gagasan PAUD pada dasarnya ingin mempertajam kembali konsep pendidikan anak prasekolah sebagai pandangan awal sesuai dengan konteks jaman. Oleh karena itu, berangkat dari anak sebagai pijakan awal untuk mengenalkan pendidikan kepada anak usia din, diharapkan melalui media gambar mampu meningkatkan kecerdasan kognitif anak, Khususnya pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Harapan Bunda Bandar Lampung, sehingga penulis mengangkat judul penelitian ini: Mengembangkan Kemampuan kognitif Melalui Bermain Balok Pada Anak Raudhatul Athfal Harapan Bunda Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang difokuskan pada situasi area berhitung atau lazim disebut dengan Classroom Action Risearch (penelitian tindakan kelas). Dalam mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan sumber data yang terdiri dari dua sumber yang pertama sumber data primer yaitu jenis datanya diambil dari observasi langsung di lapangan dan intervieu dengan guru kelas A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembnagan kemapuan kognitif anak yang bersifat kontinu dari setiap pertemuan di siklus I , Siklus II dan Siklus III yang di hadiri oleh 20 anak (100%). Hasil dari ketiga siklus yang terdiri dari 40 pertemuan ini adalah sebagai berikut , peserta didik yang menunjukkan hasil Berkembang Sangat Baik (BSB) pada pertemuan siklus I yaitu 25%,pertemuan siklus II sebesar 40%,dan pertemuan siklus III meningkat hingga 70 %. Anak yang termasuk dalam kategori Mulai Berkembang (MB) pada pertemuan Siklus I sebesar 40 %,pertemuan siklus II sebesar 35 % dan pertemuan siklus III sebanyak 30 %. Sedangkan anak Belum Berkembang (BB) pada pertemuan siklus I mencapai 35%,pertemuan siklus II sebesar 25 %,dan pada pertemuan siklus III sebanyak 0%. Kata kunci : Media Balok dan Kemampuan kognitif anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:22
Last Modified: 17 Mar 2017 01:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item