FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP GUNA DHARMA BANDAR LAMPUNG

PERMATASARI, RIZKI (2018) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP GUNA DHARMA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Rendahnya motivasi belajar disekolah SMP Guna Dharma kota Bandar Lampung menyebabkan prestasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi kurang maksimal dapat diketahui dari nilai rata-rata ulangan harian pelajaran Pendidikan Agama Islam yang nilainya masih dibawah standar ketuntasan minimal. Kurangnya motivasi yang diberikan membuat peserta didik tidak memperhatikan ketika guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sedang menjelaskan materi, kebanyakan peserta didik sibuk dengan kepentingannya sendiri seperti bermain hp, ngobrol dengan teman sebangkunya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Mengapa rendahnya motivasi belajar peserta didik di SMP Guna Dharma Bandar Lampung ?“. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Guna Dharma Bandar Lampung ? Metodologi penelitian yang di gunakan adalah dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, devinisi atau berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan bersifat deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya mengenai obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwaperistiwa khusus kemudian dari fakta-fakta yang khusus tersebut di tarik generalisasigeneralisasi yang mempunyai sifat umum. Kesimpulan penelitian yaitu berdasarkan hasil interview dan observasi, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Guna Dharma Bandar Lampung secara internal adalah kurangnya perhatian peserta didik pada saat mengikuti pelajaran, sedangkan secara eksternal disebabkan oleh lingkungan sekolah seperti kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang variasi, kurangnya media dan sumber belajar, kurangnya penegakkan displin sekolah dan lingkungan belajar yang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Nov 2018 02:40
Last Modified: 27 Nov 2018 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item View Item