FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KEWIRAUSAHAAN BAGI KALANGAN MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA MAHASISWA FEBI PRODI EKONOMI SYARI’AH IAIN METRO)

PUTRI, CHAMDINI (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KEWIRAUSAHAAN BAGI KALANGAN MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA MAHASISWA FEBI PRODI EKONOMI SYARI’AH IAIN METRO). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis Full.pdf]
Preview
PDF
Download (154MB) | Preview

Abstract

Kewirausahaan mempunyai peran penting didalam dunia pendidikan, terutama pada mahasiswa IAIN Metro. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mempunyai visi mampu melahirkan para sarjana muslim dengan kemampuan praktis dan professional. Perguruan tinggi IAIN Metro seharusnya lebih fokus pada bagaimana mahasiswa mampu memahami tentang profil kewirausahaan untuk mencapai orientasi kemasa depan yaitu bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Minat kesungguhan yang minim untuk berwirausaha harus tertanam pada mahasiswa FEBI IAIN Metro. Karena dengan berwirausaha merupakan investasi modal untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam memulai bisnis baru, melalui integrasi pengalaman, ketrampilan, dan pengetahuan untuk mengembangkan dan memperluas sebuah bisnis. Sehingga mahasiswa mampu memberdayakan dirinya untuk dapat menciptakan sebuah lapangan pekerjaan sehingga dapat membantu kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor yang mempengaruhi minat kewirausahaan bagi mahasiswa FEBI Prodi Esy IAIN Metro. (2) kondisi kewirausahaan mahasiswa FEBI Prodi Esy IAIN Metro ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Variabel penelitian ini adalah faktor-faktor minat kewirausahaan sebagai variabel bebas, motivasi dan kondisi berwirausaha mahasiswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan responden mahasiswa FEBI Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2014/2015 yang berjumlah 246 mahasiswa dan Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif dengan cara berfikir induktif Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) factor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa yaitu faktor internal dari kepribadian mahasiswa, yaitu memiliki rasa percaya diri, jiwa kepimpinan dan keterampilan untuk berwirausaha, sedangkan faktor eksternal sebagai pendukung. menunjukan bahwa mahasiswa sudah mendapatkan pembelajaran. (2) Tinjauan kewirausahaan mahasiswa dalam perspektif ekonomi Islam yaitu mahasiswa belum memahami bahwasannya berwirausaha adalah bentuk ibadah kepada Allah SWT untuk mencari karunia dan mensyukuri nikmat Allah SWT, sehingga mahasiswa belum mencapai pada berwirausaha dengan cara yang sesuai tuntunan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Jul 2018 06:48
Last Modified: 17 Jul 2018 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4036

Actions (login required)

View Item View Item