PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 1 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG

YULIANA, Y (2018) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 1 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSIYULIANA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung. Adapun masalahnya dalam penelitian ini yaitu siswa kurang antusias (pasif) dalam mengikuti pembelajaran menyimak, masalah disebabkan Guru kurang kreatif dalam menggunakan keterampilan menyimak dan pendayagunaan media pembelajaran kurang dioptimalkan oleh guru sehingga siswa tidak tertarik dalam proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VA Sebagai kelas eksperimen yang mengguanakan Media Audio Visual dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan Media Audio. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian kelas eksperimen dengan nilai rata-rata posttest 82,6. Sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata posttest 65,85. Hipotesis uji-t diperoleh thitung > ttabel (5.024 > 1.668) artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan, terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menyimak kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:43
Last Modified: 16 Jul 2018 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4022

Actions (login required)

View Item View Item