PENGARUH PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Wahyuni, Tri (2017) PENGARUH PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu mengenai alam dimana terdapat beberapa kajian ilmu didalamnya yakni biologi, fisika dan kimia. Hakikat mata pelajaran IPA yaitu sebagai produk pengetahuan yang berupa pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif. IPA sebagai sikap meliputi sikap ilmiah yang dapat diaplikassikan dalam kehidupan sehari-hari. IPA sebagai proses yaitu kerja ilmiah. Sehubungan dengan itu, dalam pembelajaran juga harus diterapkan kerja illmiah berupa eksperimen yaitu berupa praktikum pada materi yang sesuai, contohnya pada materi sistem peredaran darah. Praktikum virtual dapat dijadikan alternatif ketika alat dan bahan yang dibutuhkan tidak tersedia. Praktikum virtual merupakan simulasi praktikum yang dikemas dalam bentuk virtual dan berupa software yang dapat digunakan secara berulang-ulang tanpa harus menggunakan alat dan bahan yang nyata. Dalam penelitian ini praktikum yang divirtualkan yaitu praktikum golongan darah. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh praktikum virtual terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian weak experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPA 5 sebagai kelas replikasi 1 dan kelass XI IPA 6 sebagai kelas replikasi 2 dengan menerapkan praktikum virtual pada ketiga kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice dengan indikator Taksonomi Bloom revisi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa diterapkannya praktikum virtual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai thitung > ttabel, dimana kelas eksperimen memiliki nilai 15,223 > 1,668, kelas replikasi 1 memiliki nilai 15,623 > 1,668 dan kelas replikasi 2 memiliki nilai 20,389 > 1,671, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh praktikum virtual terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Kata Kunci : Golongan Darah, Hasil Belajar, Praktikum Virtual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:26
Last Modified: 17 Mar 2017 01:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item