PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK N 7 BANDAR LAMPUNG

Hariani, Defi (2018) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK N 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (71MB) | Preview

Abstract

Ditinjau dari tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik dan dilihat dari permasalahan yang ada berupa masih banyaknya peserta didik yang memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Keadaan ini mendorong seorang pendidik untuk menemukan agar hasil belajar peserta didik mejadi lebih baik. Dalam mengatasi hal tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru PAI adalah menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu media yang dapat digunakan ialah media visual. Dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan media visual diharapkan peserta didik dapat lebih memahami materi yang sudah disampaikan oleh guru melalui tampilan media visual. Tampilan media visual ini juga di harapkan dapat lebih merangsang peserta didik untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ apakah Penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas X di SMK N 7 Bandar Lampung?” Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang didalamnya terdapat kolaborasi antara peneliti dan guru bidang study PAI dengan II siklus pembelajaran, I siklusnya satu kali pertemuan. Adapun tahapan setiap siklus yaitu perencaanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kemudian dalam mengadalisis data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui tahap pengumpulan data (reduksi data), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancaraa, dokumenasi dan tes. Jumlah peserta didik yang nilainya di atas KKM pada siklus I sebanyak 22 orang (66,6%), pada siklus II meningkat menjadi 28 orang (84,8%), hasil pada silus II ini sudah mencapai indikkator keberhasilan peneitian yaitu jumlah peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM lebih dari 80% dari peserta didik seluruhnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas X SMK N 7 bandar lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:02
Last Modified: 16 Jul 2018 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item