PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENGGUNA E-BANKING (Studi pada Nasabah BNI Syariah KC Teluk Betung)

FITRIANI, EKA LAILA (2018) PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENGGUNA E-BANKING (Studi pada Nasabah BNI Syariah KC Teluk Betung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI EKA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Bank merupakan sebuah industri yang berbasis kepercayaan, kepercayaan secara jelas sangat bermanfaat dan penting untuk membangun hubungan, walaupun menjadi pihak yang terpercaya perbankan tidak mudah untuk meraihnya dan memerlukan usaha bersama. Kepercayaan nasabah akan membentuk suatu hubungan jangka panjang yang akan menguntungkan kedua belah pihak yang dimana hubungan tersebut disebut sebagai loyalitas nasabah. Tidak hanya itu saja, jika sebuah perusahaan memiliki reputasi yang baik, maka nasabah akan menunjukkan sikap menyukai perusahaan tersebut serta kooperatif terhadap perusahaan yang bersangkutan. Sehingga dalam kondisi apapun nasabah akan tetap percaya dan loyal kepada perusahaan. Kasus seperti halnya pembobolan bank melalui mesin ATM bisa saja menurunkan kepercayaan maupun reputasi publik terhadap transaksi online maupun elektronik. Maka dari itu diperlukan suatu perhatian khusus mengenai kasus cyber crime, mengingat besarnya dampak negatif yang akan terjadi akibat kasus tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel reputasi perusahaan dan kepercayaaan terhadap loyalitas nasabah pengguna ebanking baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang didapat langsung dari jawaban 100 responden yang merupakan nasabah BNI Syariah yang menggunakan e-banking. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel reputasi perusahaan tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas, koefisien regresi variabel Reputasi Perusahaan (X1) sebesar 0,242. Hal ini disebabkan karena pertama, tidak sedikit dari nasabah yang masih ragu-ragu akan reputasi bank dikarenakan kasus cyber crime. Kedua, pelayanan yang kurang memuaskan dari pihak bank. Penyebabnya adalah seringnya terjadi gangguan sistem yang menyebabkan nasabah menjadi enggan untuk kembali bertransaksi di BNI Syariah. Untuk variabel kepercayaan, variabel kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah, koefisien regresi variabel kepercayaan (X2) sebesar 0,743. Hal ini disebabkan karena: pertama penilaian rasa aman nasabah dalam menggunakan fasilitas yang diberikan termasuk layanan ebanking. Berdasarkan penuturan dari salah satu staf BNI Syariah menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada nasabah yang pernah mengalami kejahatan cyber crime. Kedua penerapan terhadap prinsip syariah, BNI Syariah adalah salah satu institusi yang sangat menjungjung tinggi prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 06:49
Last Modified: 16 Jul 2018 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item View Item