ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT DALAM BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pelaku Usaha Pasar Sentral Kotabumi Lampung Utara)

MARDIAH, M (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT DALAM BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pelaku Usaha Pasar Sentral Kotabumi Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MARDIAH.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Kewirausahaan berkaitan erat dengan pencarian rezki untuk memenuhi kebutuhan hidup, meskipun kewirausahaan lebih luas dari sekedar berkerja dalam rangka mencari rezki. Sebagaimana terlihat pada definisi wirausaha, untuk berwirausaha seseorang harus mempunyai sikap dan sifat yang rajin, tekun, kreatif dan imajinatif, inovatif, yang berani mengambil resiko. Meskipun demikian, untuk memenuhi kebutuhan hidup baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana faktor lingkungan, kultur dan ekonomi dapat mempengaruhi masyarakat berwirausaha di Pelaku Usaha Pasar Sentral Kotabumi Lampung Utara? dan Bagaimana pandangan Ekonomi Islam tentang faktor lingkungan, kultur dan ekonomi yang mempengaruhi masyarakat berwirausaha Pertokoan Pasar Sentral Kotabumi Lampung Utara. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menjabarkan bagaimana faktor lingkungan, kultur dan ekonomidapat mempengaruhi masyarakat berwirausaha dipertokoan Pasar Sentral Kotabumi Lampung Utara, dan Untuk menjabarkanbagaimanapandangan Ekonomi Islam tentang faktor lingkungan kultur dan ekonomidapat mempengaruhi masyarakat berwirausaha dipertokoan PasarSentral Kotabumi Lampung Utara. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) adalah penelitian ini bersifat deskripti fanalisis. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan populasi dan sampel dimana populasi berjumlah 300 pelaku usaha pasar sentral kotabumi Lampung Utara dan sampelnya berjumlah 30 orang pelaku usaha pengumpulan data dalam peneliti ini menggunakan metode obsrvasi, wawancara, dan dokumentasi, dan hasilnya data diolah dan dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Setelah melakukan penelitian dan menganalisanya, maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi pelaku usaha yaitu: faktor lingkungan, faktor kultur dan faktor ekonomi yang mempengaruhi Pelaku Usaha Pasar Sentral Kotabumi Lampung Utara. Ajaran Ekonomi Islam bahwa segala apa yang diharapkan dalam berwirausaha akan bernilai apabila berniat mencari keuntungan untuk kebutuhan hidup dan mencari berkah Allah dengan senang dan ikhlas dalam berkerja, maka manfaat keduanya pun akan didapatkan. Selain itu juga ikhlas mencari rezeki, maka manfaatkan dan menjaga sumberdaya dan berbagi dengan sesama juga sebagai bentuk tanggung jawab manusia terdahap Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 06:27
Last Modified: 16 Jul 2018 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item