PENGARUH STRATEGI RANDOM TEXT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIST KELAS IV MI MASYARIQUL ANWAR 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Wahyuningsih, Sri (2018) PENGARUH STRATEGI RANDOM TEXT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIST KELAS IV MI MASYARIQUL ANWAR 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SRI WAHYUNINGSIH.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Alquran Hadist peserta didik kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh strategi random text di kelas eksperimen dan hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh strategi random text dikelas kontrol pada mata pelajaran Alquran Hadist. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan metode quasy eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Strategi random text merupakan salah satu strategi yang sangat cocok digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam pembelajaran Alquran Hadist, karena strategi random text merupakan strategi yang membuat peserta didik ingat akan surah dan tulisan-tulisan nyata yang ada pada potonganpotongan ayat tersebut. Berdasarkan hasil pengujian hipotesi yang menggunakan independent ttest diperoleh nilai Sig.(2tailed) = 0,023 atau = 2,388 dan ttabel = 2,026 yang berarti > ttabel, yang berakibat Ho ditolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Alquran Hadist peserta didik menggunakan strategi random text lebih baik dibandingkan strategi reading aloud.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:15
Last Modified: 13 Jul 2018 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item View Item