PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNGAN TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

Agustiana, Wina (2018) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS LINGKUNGAN TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of WW.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang dikembangkan adalah penelitian dan pengembangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah modul praktikum berbasis lingkungan pada tema fotosintesis layak diterapkan dalam pembelajaran biologi peserta didik SMP kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung? (2) Bagaimana kelayakan modul praktikum berbasis lingkungan pada tema fotosintesis untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung?”. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R & D) milik Borg & Gall dengan menerapkan delapan tahapan diantaranya (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi validasi desain, (6) uji coba produk dan (7) revisi produk (8) uji coba secara terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik persentase, produk layak apabila diperoleh persentase ≥ 51%. Hasil penelitian telah dikembangkan modul praktikum berbasis lingkungan tema fotosintesis. Modul praktikum berbasis lingkungan tema fotosintesis ini sangat layak digunakan dengan memperoleh persentase kelayakan dari ahli media dari validator I sebesar 89% dan pada validator media II mendapatkan persentase 90% yang termasuk kedalam kriteria sangat layak. Kelayakan materi dari ahli materi I sebesar 75%, ahli materi II sebesar 81% dan ahli materi III sebsesar 82% yang termasuk dalam kriteria sangat layak. Kelayakan soal pada materi fotosintesis diperoleh persentase dari validator I sebesar 77% dan dari validator II mendapatkan persentase 75% dengan kriteria layak. Sedangkan kelayakan media setelah uji coba diperoleh 89% dan 92% oleh guru dan 86% oleh peserta didik. Adapun karakteristik dari bahan ajar adalah : (1) modul praktikum dapat membantu guru dan peserta didik dalam menunjang kegiatan praktikum, (2) modul praktikum memotivasi peserta didik untuk melakukan kegiatan praktikum, (3) modul praktikum mempermudah peserta didik menambah dan memahami pengetahuan materi fotosintesis.(4) modul praktikum dapat membantu peserta didik aktif dan mandiri.(5) modul praktikum menggunakan bahasa yang komunikatif dan soal keanekaragaman hayati yang disajikan mudah dipahami.(6) modul praktikum memiliki tampilan yang menarik. Kata kunci: Modul Praktikum, Berbasis Lingkungan, Tema Fotosintesis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:28
Last Modified: 12 Jul 2018 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3969

Actions (login required)

View Item View Item