PENGEMBANGANLEMBAR KERJAPESERTA DIDIKBERBASISHIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SMP KELAS VII

Nisa, Nur Atikah Khairun (2018) PENGEMBANGANLEMBAR KERJAPESERTA DIDIKBERBASISHIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Lembar kerja merupakan sarana pembelajaran yang dapat digunakan oleh pengajar dalam meningkatkan keterlibatan atau aktivitas peserta didik dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SMP Negeri 21 Bandar Lampung dan SMP Nurul Islam Jati Agung, diketahui bahwa LKS yang digunakan hanya berisi materi, contoh soal, dan soal-soal biasa yang tidak melibatkan proses berpikir aktif dan kreatif secara maksimal.Oleh karena itu, pada penelitian inibertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasisHigher Order ThinkingSkill (HOTS) SMP kelas VII dan mengetahui respons guru dan peserta didik terhadaplembar kerja peserta didik berbasis Higher Order ThinkingSkill (HOTS) SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode Researchand Development (R&D)dengan model pengembangan 4D (Four D Model) dari Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmelyaitu, Pendefinisian(Define),Perencanaan (Design), Pengembangan(Develop), danPenyebaran(Disseminate).Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan cara memberikan angket penilaian untuk menguji kelayakan produk. Uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli materi pada aspek kelayakanisi diperoleh rata-rata persentase sebesar 82% dengan kriteria sangat baik. Aspek kelayakan penyajian diperoleh ratarata persentase sebesar 79%dengan kriteria sangat baik. Aspekkelayakan bahasa diperoleh rata-rata persentase sebesar 78% dengan kriteria sangat baik,danaspekpenilaian HOTSdiperoleh rata-rata persentasesebesar81%dengankriteriasangat baik. Validasi ahli media pada aspek ukuran LKPD diperoleh rata-rata persentase sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Aspekdesain cover LKPD diperoleh rata-rata persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat baikdanaspekdesain isi LKPDdiperoleh rata-rata persentasesebesar93%dengankriteriasangatbaik. Hasil uji coba terbatas peserta didik kelas VII memperoleh rata-rata persentase 85% dengan kriteria sangat baik dan uji coba lapanganpeserta didik kelas VIImemperoleh rata-rata persentase 90% dengan kriteria sangat baiksehingga LKPD layak dan siap digunakan sebagai bahan ajar. Kata kunci : Pengembangan, Higher Order ThinkingSkill (HOTS), LKPD, matematika SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:50
Last Modified: 12 Jul 2018 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3964

Actions (login required)

View Item View Item