IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AL-HIKMAH KALIREJO TA 2017/2018

Mardatila, Rizki (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AL-HIKMAH KALIREJO TA 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RIZKI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar berkaitan erat dengan hakikat dan jenis belajar serta hasil belajar, karena pembelajaran merupakan interaksi yang sengaja di programkan. Interaksi tersebut terjadi antara peserta didik yang berlajar dengan lingkungan belajarnya, baik dengan pendidik, siswa lainnya, media, dan sumber lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al- Hikmah Kalirejo Lampung tengah. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkahlangkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMK Al-Hikmah Kalirejo dilakukan dengan beberapa tahapan, untuk tahapan persiapan sudah tersedia mulai dari silabus dan RPP, namun RPP yang di siapkan oleh guru tidak sesuai dengan apa yang guru ajarkan ataupun guru terapkan di dalam kelas. Guru tidak melakukan langkahlangkah yang sudah ada dalam RPP. Kegiatan inti dalam mata pelajaran PAI belum terlaksana dengan baik, hal ini dilihat hasil wawancara dengan siswa dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menyebutkan bahwa ada beberapa sub indikator yang tidak dilaksanakan sehingga hal itu membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif dan efesien. Dalam kegiatan penutup sudah terlaksana dengan baik. Hal ini di karenakan dalam kegiatan penutup guru memberikan rangkuman atau kesimpulan, umpan balik serta memberikan tugas yang sifatnya memberikan pengayaan dan pendalaman. Penilaian hasil pembelajran sudah terlaksana dengan baik, penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indicator mutu pembelajaran dan teori Rusman maupun dari Peraturan Menti Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 08:48
Last Modified: 11 Jul 2018 08:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3952

Actions (login required)

View Item View Item