ASAL-USUL MANUSIA MENURUT TEORI EVOLUSI CHARLES DARWIN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Buku Teks Mata Pelajaran Sejarah Madrasah Tsanawiyah)

Nugraha, Rizantama Ade (2018) ASAL-USUL MANUSIA MENURUT TEORI EVOLUSI CHARLES DARWIN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Studi Buku Teks Mata Pelajaran Sejarah Madrasah Tsanawiyah). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI TAMA.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Islam diyakini sebagai agama yang memiliki ajaran sempurna, komprehensif, dan universal. Ajaran Islam memuat semua sistem ilmu pengetahuan. Tidak ada dikhotomi atau pemisahan dalam sistem keilmuan Islam. Terjadinya pemisahan kelompok ilmu-ilmu keduniaan dengan ilmu-ilmu agama., pada akhirnya menimbulkan konflik, dimana pemisahan ini disebut sekulerisasi. Selanjutnya penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan, dan dilakukan dengan metode dekriptif. Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: “Bagaimana Asal-Usul Manusia Menurut Teori Evolusi Charles Darwin Dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Adanya tujuan penelitian untuk mengetahui asal-usul manusia menurut teori Charles Darwin dalam Persepktif Pendidikan Islam. Sementara sumber data dalam kajian ini berupa buku teks mata pelajaran sejarah kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Adapun temuan penelitian dipandang berupa content isi materi tentang asal-usul manusia yang dinilai tidak mengandung nilai-nilai keislaman.Penelitian ini juga mengkaji sejauh unsur nilai-nilai keislaman yang tekandung dalam buku teks mata pelajaran sejarah dan mengajukan penambahan materi yang bernuansa islam pada materi asal-usul manusia. Dengan keberadaan buku teks semacam ini diharapkan menjadi salah satu sumbangan pemikiran yang mendudukung program pengembangan ilmu pendidikan Islam khususnya pendidikan agama Islam. Lebih jauh ditegaskan bahwa kurikulum mata pelajaran sejarah yang ada di Madrasah Tsanawiyah sampai saat ini masih mengikuti keilmuan pandangan barat yang sekuler, hal ini terbukti dari hasil kajian penulis dari buku mata pelajaran sejarah pada Madrasah Tsanawiyah, tidak ditemukan kandungan nilai keislaman di dalamnya, bahkan ditemukannya kandungan materi yang mengandung nilai-nilai yang menyimpang (sekuler). Padahal pasal 31 ayat 3 undang-undang dasar 1945 secara tegas mengamanatkan bahwa tujuan pertama pendidikan nasional adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan. Sehingga yang diharapkan agar hendaknya semua materi pelajaran di madrasah dikaitkan dengan nilai-nilai Islam, terutama mata pelajaran sejarah agar para peserta didik tidak terjebak dengan pemahaman yang keliru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:54
Last Modified: 11 Jul 2018 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3944

Actions (login required)

View Item View Item