RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM ERA MODERN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kotabumi, Lampung Utara)

RIZKIANI, MARINI (2018) RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM ERA MODERN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kotabumi, Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Pendirian pondok pesantren pada dasarnya adalah karena tuntutan dari kebutuhan manusia akan nilai-nilai keislaman, pada era modern saat ini pondok pesantren mulai mengadakan pembaharuan dengan memasukkan sistem pembelajaran klasikal atau formal dengan tetap meninitik beratkan pada pendidikan agamanya. Pembaruan dan pengembangan sistem pendidikan pesantren yang semakin lama semakin terbuka dengan pola dari luar, untuk menjawab tuntutan zaman. M. Arifin menegaskan bahwa sistem pendidikan pesantren harus meliputi infrastruktur maupun suprastruktur penunjang. Infrastruktur dapat meliputi perangkat lunak (soft-were), seperti kurikulum, metode pembelajaran, dan perangkat keras (hardwere) seperti bangunan pondok, masjid, sarana dan prasarana belajar (laboratorium, komputer, perpustakaan, dan tempat praktikum lainnya). Sedangkan suprastruktur pesantren meliputi yayasan, kiai, santri, ustadz, pengasuh dan para pembantu kyai atau ustadz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan pada pesantren Miftahul Huda Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini lebih difokuskan selama proses dilapangan bersamaan dengan pengumpulan data. Analisis data selama dilapangan menggunakan analisis deskripif. Aktifitas dalam analisis datanya yaitu : pemaparan data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pondok pesantren Miftahul Huda Kotabumi, telah mengalami perkembangan, hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisis sebagai berikut: Pondok pesantren miftahul huda memadukan dua kurikulum pendidikan yaitu sistem pendidikan klasik dengan sistem pendidikan modern yang mampu diterima oleh santri. Maka dalam pengembangan tersebut pondok pesantren Miftahul Huda, harus benar-benar selektif dalam menerima dan mengadopsi pola-pola pendidikan dari luar, agar tidak kehilangan ciri khas dari pesantren itu sendiri.Dalam metode pembelajaran pondok pesantren miftahul huda, sudah menggunakan metode baru dalam pengajaran klasikal atau formal tetapi masih perlu menambah metode modern yang lainnya. Berdasarkan daftar sarana prasarana yang dimiliki pondok pesantren mirtahul huda, yang sudah cukup memadai untuk menjalankan pendidikan modern saat ini. Dengan ini dapat disimpulkan sistem penedidikan yang digunakan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kotabumi, relevan dengan era modern saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 09 Jul 2018 07:38
Last Modified: 09 Jul 2018 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3910

Actions (login required)

View Item View Item