UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SIRKUIT PINTAR (Pada Siswa Di SDN 10 Padang Cermin)

INDRAWATI, I (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SIRKUIT PINTAR (Pada Siswa Di SDN 10 Padang Cermin). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (75MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi, Surat Al-Ma’un, Mengenal Rosul-rasul Allah dan Kisah Keteladanan Lukman menggunakan Media Sirkuit Pintar, pada siswa kelas V di SDN 10 Padang Cermin kecamatan Padang Cemin, kabupaten Pesawaran. Dengan rumusan masalah bagaimana hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas V SDN 10 Padang Cermin dapat di tingkatkan melalui penggunaan media Sirkuit Pintar? Penelitin ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek PTK ini adalah siswa SDN 10 Padang Cermin, kecamatan Padang Cemin, kabupaten Pesawaran yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi data dan Analisis data, sedangkan alat Pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi, Tes dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Sirkuit Pintar dalam proses pembelajaran mata pelajaran PAI kelas V dapat menigkatkan hasil beajar PAI siswa kelas V SDN 10 Padang Cemin kecamatan Padang Cermin kabupaten Pesawaran. Hal tersebut ditunjukkan pada saat proses belajar mengajar dengan menggunakan media sirkuit pintar siswa menjadi lebih aktif. Meningkatnya hasil belajar siswa juga di tandai dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM. Jumlah siswa pada tahap prasiklus adalah 9,37% atau hanya 3 siswa yang berhasil mencapai KKM. Setelah diadakan tindakan pada siklus I jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM ada 7 siswa atau 21,87 % Pada siklus II Jumlah siswa yang berhasil menjapai KKM mengalami peningkatan menjadi 21 siswa atau 65,62 % dan pada siklus III jumlah siswa yang berhaasil mencapai KKM mengalami peningkatan kembali mencapai 90,62 % atau 29 siswa . Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklus yang tadinya sebelum prasiklus Jumlah siswa yang behasil mencapai KKM adalah 3 atau hanya 9,37 % menjadi 29 atau 90,62 % setelah siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2018 07:10
Last Modified: 09 Jul 2018 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item View Item