EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG

Agung , Febri (2017) EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_WE.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil usaha siswa yang dapat dicapai berupa penguasan pengetahuan, kemampuan kebiasaan dan keterampilan serta sikap setelah mengikuti proses pembelajaran. Agar pembelajaran pendidikan agama Islam dapat terlaksana dengan efektif dan maksimal perlu adanya solusi dan strategi yang tepat. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan adalah kegiatan yang beradadi luar materi wajib sekolah. Efektifitas kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dapat memberikan sumbangan pendidikan yang sangat besar pada diri siswa, namun tentu saja harus adanya target pembelajaran yang dapat dievaluasi dengan baik. Terkait hal tersebut, sebagai sekolah umum yang hanya menyampaikan materi keagamaan 2 jam pelajaran dalam seminggu dipandang sangat kurang. Rumusan Masalah adalah “Bagaimana efektivitas kegiatan Ekstrakurikuler keagamaan (ROHIS) terhadap hasil belajar PAI di SMP Wiyatama Bandar Lampung”?. Pendekatan penelitian adalah pendekatan penelitian kualitatif, yaitu peneliti akan meneliti obyek alamiah atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan, sementara itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data peneliti menggunakan teknik ketekunan atau keajegan pengamatan dan trianggulasi data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) untuk meningkatkan hasil belajar melalui ekstrakurikuler keagamaan menggunakan beberapa bentuk ekstrakurikuler. bentuk kegiatan itu Rohani Islam, dan Baca Tulis Al-Qur’an. (2) sedangkan strategi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode, adapun bentuk metode yang digunakan metode ceramah dan metode tanya jawab. (3) penilaian kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan hasil belajar. bentuknya meliputi penilaian aktif, sikap, ulangan harian dan ujian semester

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:29
Last Modified: 17 Mar 2017 01:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item